Curug Malela

Curug Malela: Wisata Air Terjun di Bandung Barat yang Mendunia

Diposting pada

Berkenalan lebih dekat dengan Curug Malela, salah satu tempat wisata air terjun di Bandung yang menawarkan bukan hanya keindahan alam yang mempesona tetapi juga deretan fasilitas yang memadai untuk para wisatawan.

Curug Malela, sebuah permata alam tersembunyi di Jawa Barat, Indonesia, adalah satu dari sekian banyak curug atau air terjun yang membawa nama Indonesia di peta dunia.

Tak dapat dipungkiri, ini adalah destinasi wisata yang menawarkan berbagai pesona.

Dari keindahan alam yang mempesona, berbagai aktivitas seru, hingga upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan, semuanya menambah daya tarik tempat ini.

Jadi, jika Anda adalah seorang penikmat alam atau petualang yang mencari destinasi baru, salah satu spot wisata di Bandung ini patut untuk Anda kunjungi.

Kekuatan air yang menghantam tebingan sungai dan keteduhan hutan yang mengelilingi wilayah ini membuat para pengunjung terpesona.

Ulasan Curug Malela Bandung Barat

Berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, Curug Malela memiliki panorama yang memukau dan sejarah yang mencengangkan.

Jika Anda adalah penjelajah alam sejati atau penikmat sejarah, maka ini akan menjadi destinasi yang sempurna.

Dengan kelebaran lebih dari 50 meter dan ketinggian 60 meter ini, dipersatukan dalam seribu tabir air yang seperti tirai, memberikan sebuah panorama yang memanjakan mata.

Setiap percikan air yang bertaburan menimbulkan kabut halus yang memeluk air terjun, menambah keindahan suasana yang memukau.

Lebih dari sekedar indah, Lokasi Wisata di Bandung untuk keluarga ini juga menjadi saksi bisu berbagai kegiatan hidup biota yang ada.

Postingan Terkait:  Tebing Keraton Bandung: Melihat Indahnya Panorama Alam di Kota Kembang

Jenis-jenis burung yang berkerumun, kera hitam yang sesekali terlihat mengintip dari balik rimbun daun, hingga berbagai jenis serangga dan kupu-kupu yang berlalu lalang menjadi pertunjukkan alam yang tidak ada duanya.

Awal Mula

Curug Malela awalnya hanyalah serangkaian air terjun yang berada di tempat yang terpencil.

Namun, melalui berbagai transformasi dan pembangunan secara berkesinambungan, tempat ini akhirnya menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia.

Sejarah salah satu lokasi wisata di Jawa Barat ini tidak dapat dipisahkan dari sejarah daerah sekitarnya.

Tempat ini mulai mendapatkan perhatian setelah potensinya sebagai objek wisata dikenali oleh pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat.

Dengan dedikasi dan upaya yang luar biasa, pemerintah daerah berhasil mengubah keindahan alam ini menjadi sebuah wisata yang layak dikunjungi.

Menurut legenda setempat, Curug Malela memiliki keterkaitan dengan sejarah pasangan Siliwangi, raja terakhir dari Kerajaan Sunda. Namun, kebenaran dari kisah ini masih menjadi debat.

Evolusi

Seiring berjalannya waktu, pengelolaan Wisata di Bandung Barat ini terus ditingkatkan dan dikembangkan.

Pemerintah setempat berinvestasi besar dalam infrastruktur untuk meningkatkan kualitas tempat ini sebagai destinasi wisata.

Transformasi pertama dapat dilihat saat infrastruktur ditingkatkan. Tidak hanya peningkatan kualitas jalan yang menuju ke lokasi, tetapi juga pembangunan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat istirahat dan lokasi pijat kaki untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Transformasi selanjutnya adalah dengan peningkatan pelayanan publik, termasuk peningkatan keamanan dan pelayanan medis.

Berbagai fasilitas ini dikembangkan untuk memastikan bahwa wisatawan dapat merasakan keindahan dan kemegahan Curug Malela dalam keadaan yang aman dan nyaman.

Sekarang

Seiring berlalunya waktu, salah satu tempat Wisata di Bandung Barat ini telah berkembang menjadi sebuah lokasi wisata yang menakjubkan.

Postingan Terkait:  Kebun Begonia Lembang: Surga Floris yang Tersembunyi di Jawa Barat

Banyak wisatawan datang ke sini setiap tahun untuk menikmati keindahan panorama alam dan merasakan sensasi alam liar yang belum terjamah.

Meski cukup terkenal sekarang, Curug Malela masih berhasil mempertahankan keasliannya. Tidak seperti banyak tempat wisata lain yang sudah over komersial.

Destinasi wisata di Bandung yang lagi viral ini masih menawarkan pengalaman yang cukup otentik bagi pengunjungnya.

Fasilitas di Curug Malela

Ketika berkunjung ke suatu tempat wisata, fasilitas menjadi salah satu hal yang utama perlu diperhatikan.

Kurangnya fasilitas yang memadai mampu merusak pengalaman kunjungan yang sejatinya menyenangkan. Di Curug Malela, Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini.

Area Parkir

Curug Malela memiliki area parkir yang cukup luas. Pengunjung yang datang baik menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat bisa dengan mudah menemukan tempat untuk memarkir kendaraannya.

Plaza Curug Malela

Untuk menambah fasilitas di tempat wisata ini, Pemerintah setempat membuat sebuah lingkaran seluas 15 meter. Pengunjung dapat menikmati pemandangan Air terjun dari ikon lokasi wisata ini.

Tempat Istirahat

Lelah dalam perjalanan bisa Anda redam saat menuju lokasi. Karena terdapat pula sebuah shelter berukuran 4×4 sebanyak 8 unit yang masing-masingnya berjarak sekitar 50 meter.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi pengunjung, di sekitar lokasi wisata di Bandung Barat ini pun terdapat banyak warung makan yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman.

Di kawasan Curug Malela juga tersedia fasilitas kamar mandi dan toilet yang cukup bersih.

Fasilitas ini tentu sangat membantu pengunjung yang mungkin merasa lelah setelah bermain air atau berjalan-jalan menyusuri area sekitar air terjun.

Sebelum atau setelah berenang di curug, Anda juga dapat menikmati suasana alam di sekitar lokasi wisata ini dengan berjalan kaki sepanjang 120 meter,

Postingan Terkait:  Dusun Bambu Lembang Bandung: Wisata Alam yang Menawan dengan Nuansa Tradisional

Jembatan ini berfungsi sebagai penghubung antara plaza menuju lokasi tempat atau spot berfoto.

Pecinta fotografi juga akan merasa senang dengan berbagai sudut yang menarik di Curug Malela. Setiap spot di tempat ini mampu menciptakan foto yang menawan dengan latar air terjun atau hutan tropis yang mempesona.

Tidak hanya itu, aktivitas piknik di sekitar area curug juga menjadi pilihan bagi keluarga atau grup teman yang ingin menikmati suasana alam dengan langsung.

Rasanya akan lebih afdol ketika pulang dari lokasi wisata membawa oleh-oleh khas dari tempat yang bersangkutan.

Oleh karena itu, disini pun tersedia warung-warung yang menjual krajinan khas daerah ini.

Bagi Anda yang muslim tak perlu khawatir kesusahan menunaikan ibadah shalat pasalnya disini telah tersedia Musala.

Jika Anda berniat menghabiskan lebih dari sehari di tempat ini, ada beberapa akomodasi penginapan yang tersedia di sekitar kawasan ini.

Alamat dan Lokasi Curug Malela

Galeri Foto Curug Malela

Vlog Curug Malela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *