Dusun Bambu Lembang Bandung

Dusun Bambu Lembang Bandung: Wisata Alam yang Menawan dengan Nuansa Tradisional

Diposting pada

Dusun Bambu Lembang adalah salah satu destinasi wisata di Bandung yang menawarkan pesona alam, aktivitas keluarga, dan edukasi lingkungan dalam satu lokasi.

Temukan keindahan hutan bambu, fasilitas menarik, dan berbagai kuliner yang dapat dinikmati di Dusun Bambu.

Mengenal Dusun Bambu Lembang Bandung

Dusun Bambu tidak hanya merupakan tempat wisata yang indah, tetapi juga menawarkan kedamaian yang sulit ditemukan di tengah kesibukan kota Bandung.

Terletak di kawasan Lembang, Dusun Bambu menawarkan kegiatan edukasi dan rekreasi dalam satu lokasi.

Dusun Bambu ini menjadi surga kecil bagi pecinta alam dan warga Bandung yang ingin menikmati suasana santai alami.

Dusun Bambu menjadi salah satu tempat wisata Bandung untuk keluarga yang menyuguhkan sensasi berbeda.

Dalam satu lokasi, terdapat bermacam kegiatan yang dapat dilakukan, seperti menjelajah kebun, bersantap di restoran, belajar di masyarakat adat, serta bermain beragam aktifitas di taman bermain anak-anak.

Dengan luasan lahan yang cukup besar, yakni 15 hektar, Dusun Bambu mampu menampung berbagai fasilitas yang responsif terhadap keinginan para pengunjung.

Sebagai salah satu destinasi wisata di Bandung yang lagi viral, Dusun Bambu menawarkan keindahan alam yang belum banyak terjamah oleh pembangunan.

Hutan bambu menjadi daya tarik utama yang selalu memikat hati para pengunjung.

Rimbunnya hutan bambu menimbulkan kesan misterius sekaligus menenangkan.

Suara angin yang bertiup menggoyangkan rumpun-rumpun bambu menambah kedamaian suasana.

Keindahan alam Dusun Bambu bisa dinikmati sambil berolahraga.

Terdapat jalur trekking sepanjang dua kilometer yang memungkinkan pengunjung untuk berjalan kaki menyusuri kawasan hutan bambu.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa sepeda gunung untuk berkeliling wilayah Dusun Bambu. Nikmati nuansa alam yang sejuk dengan jajaran pepohonan tinggi di sisi kanan kiri jalan.

Berbagai fasilitas dan aktivitas menarik bisa ditemukan di Dusun Bambu Lembang Bandung, mulai dari eksplorasi kuliner, wisata edukasi, hingga akomodasi untuk menginap semalaman.

Tidak hanya keindahan alamnya, Dusun Bambu juga menyediakan berbagai tempat makan yang menawarkan ragam kuliner lezat dan menarik.

Berbagai restoran dan café yang tersedia di Dusun Bambu, salah satunya adalah saung lesehan dengan pemandangan yang indah.

Tempat ini juga menawarkan berbagai aktifitas edukasi untuk anak-anak yang menjadikan Dusun Bambu tempat wisata yang lengkap.

Salah satu aktifitas edukasi di Dusun Bambu adalah Kampung Cai, yang merupakan area permainan anak yang memadukan konsep bermain dan belajar.

Terdapat juga area peternakan, di mana anak-anak dapat belajar tentang proses pemeliharaan hewan ternak, seperti sapi, kambing, dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Dusun Bambu lebih lama, tersedia beberapa pilihan akomodasi yang bisa Anda pilih.

Salah satunya adalah Villa Kampung Layung, yang menawarkan fasilitas modern dengan sentuhan alam. Temukan kenyamanan menginap dengan konsep eco-friendly yang menjadi prinsip utama dari Dusun Bambu.

Selain itu, Dusun Bambu juga menyediakan fasilitas camping ground bagi Anda yang ingin merasakan suasana malam di tengah hutan bambu. Nikmati pengalaman bermalam yang unik dan berkesan dalam tenda tepee yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Postingan Terkait:  Curug Malela: Wisata Air Terjun di Bandung Barat yang Mendunia

Fasilitas Dusun Bambu Lembang Bandung

Salah satu tempat Wisata di Lembang ini menawarkan berbagai fasilitas umum yang memadai. Misalnya saja seperti toilet umum, area parkir dan mushola.

Selain itu, masih pula terdapat berbagai fasilitas yang menjadi andalan.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ditawarkan di Dusun Bambu Lembang.

Akomodasi Penginapan

Dusun Bambu Lembang menawarkan beberapa pilihan akomodasi yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat yang nyaman setelah berkeliling dan menikmati berbagai aktivitas yang ada di area ini.

Fasilitas akomodasi yang ada di Dusun Bambu Lembang meliputi beberapa jenis, di antaranya adalah Pondok Kampung, Wood Cabin, dan Kumbolo Villa.

Pondok Kampung merupakan pilihan akomodasi yang menampilkan desain arsitektur bambu khas Sunda.

Suasana pedesaan yang asri dengan udara sejuk khas pegunungan akan membuat Anda merasa nyaman dan tenang selama menginap.

Sementara itu, Wood Cabin menawarkan akomodasi dua lantai yang dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti kamar mandi dalam, dapur kecil, dan area tempat duduk yang menghadap langsung ke kebun.

Untuk Anda yang menginginkan pengalaman menginap yang mewah, Kumbolo Villa bisa menjadi pilihan tepat.

Dengan kamar tidur yang luas dan dilengkapi kolam renang pribadi, Anda bisa menikmati waktu bersantai di sini dengan keluarga atau orang terdekat sambil menikmati pemandangan indah kawasan Lembang.

Tempat Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Dusun Bambu Lembang tanpa mencicipi berbagai kuliner yang ditawarkan di tempat ini.

Dengan aneka hidangan yang menampilkan cita rasa Nusantara dan internasional, Anda akan disajikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Dapur Purbasari merupakan salah satu tempat makan yang bisa Anda coba.

Terletak di bagian barat Dusun Bambu, Dapur Purbasari menawarkan aneka hidangan khas Indonesia dengan menggunakan bahan segar berkualitas.

Dengan konsep saung pesawat, Anda bisa menikmati makan sambil ditemani pemandangan hutan dan danau yang mempesona.

Selain itu, Anda juga bisa mencicipi hidangan internasional di Leupung Vimalla, yang menyajikan sajian Eropa, Amerika, dan Asia.

Jika ingin menikmati suasana makan yang berbeda, Purbasari Sky Lounge bisa menjadi pilihan. Dengan lokasi di ketinggian, Anda bisa menikmati suasana makan dengan pemandangan yang indah dari atas.

Tempat Penyewaan Perahu

Fasilitas penyewaan perahu di Dusun Bambu Lembang cukup lengkap dan memudahkan para wisatawan untuk menikmati kegiatan menyenangkan ini.

Ada beberapa jenis perahu yang bisa disewa, mulai dari perahu dayung, perahu pancung, hingga perahu motor. Perahu yang disediakan dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan.

Untuk bisa menyewa perahu, Anda harus membayar sejumlah biaya yang sudah ditentukan.

Biaya sewa perahu bervariasi bergantung pada jenis perahu yang dipilih beserta dengan lama waktu penyewaan.

Anda tidak perlu khawatir soal keamanan karena setiap perahu sudah dilengkapi dengan pelampung untuk menjamin keselamatan penumpang.

Tempat Penyewaan Skuter Listrik

Menggunakan skuter listrik dalam menjelajahi Dusun Bambu Lembang Bandung akan memberikan kemudahan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat dan mudah.

Skuter listrik memiliki desain yang simpel dan ringan, sehingga sangat mudah untuk digunakan dan dikendalikan.

Selain itu, skuter listrik juga memiliki kecepatan yang cukup tinggi, sehingga Anda bisa menyusuri jalan-jalan setapak dan melewati setiap sudut Dusun Bambu dengan lebih efisien.

Wahana

Selain menikmati keindahan alam, Dusun Bambu Lembang juga menawarkan berbagai aktivitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan, baik itu anak-anak maupun dewasa.

Beberapa fasilitas rekreasi yang bisa Anda nikmati antara lain Jendela Alam dan Dream Sky Bridge.

Jendela Alam merupakan area outdoor yang khusus dirancang untuk mengajarkan anak-anak tentang keindahan alam.

Di sini, anak-anak bisa belajar tentang tumbuhan, hewan, dan ilmu alam lainnya melalui berbagai permainan dan kegiatan yang mendidik.

Sedangkan Dream Sky Bridge adalah jembatan suspensi panjang yang membentang di atas hutan pinus. Dari sini, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dan menawan.

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati di Dusun Bambu Lembang adalah Family Adventure Park yang menyuguhkan berbagai permainan seru dan menantang bagi Anda dan keluarga.

Mulai dari flying fox, trampolin, kereta gantung, dan masih banyak lagi.

Postingan Terkait:  Stone Garden Citatah, Spot Wisata Geopark di Bandung

Tempat Berbelanja di Pasar Khatulistiwa

Nama Pasar Khatulistiwa sendiri diambil dari fakta geografis bahwa Dusun Bambu terletak tepat di garis khatulistiwa.

Warga setempat meyakini bahwa lokasi ini memberi energi positif dan membuat tanaman di sana tumbuh subur.

Semua elemen tersebut dijadikan sebagai dasar konsep wisata Pasar Khatulistiwa.

Pengunjung dapat menikmati jajaran kuliner khas Sunda di berbagai warung makan dan kios yang berjejer di pasar.

Selain itu, tersedia berbagai jenis kios dan lapak yang menjual beragam produk lokal, mulai dari pakaian, kerajinan tangan, oleh-oleh khas Bandung, hingga tanaman hias.

Setiap detail di Pasar Khatulistiwa dirancang dengan hati-hati untuk menciptakan suasana yang hangat dan ramah bagi pengunjung.

Daya Tarik Dusun Bambu Lembang Bandung dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Dusun Bambu menawarkan berbagai daya tarik yang membuat wisatawan selalu ingin kembali. Berikut ini akan diulas mengenai pilihan wahana dan atraksi yang dapat dinikmati di Dusun Bambu Lembang.

Menginap dengan Konsep Glamping di Dusun Bambu

Salah satu daya tarik utama di Dusun Bambu adalah konsep menginapnya yang unik. Disini, wisatawan dapat merasakan pengalaman menginap seru dengan konsep glamping alias glamorous camping.

Glamping menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin mencoba berkemah namun tetap merasa nyaman.

Konsep glamping di Dusun Bambu memadukan kenyamanan dan kemewahan dengan suasana alam yang asri.

Pengunjung dapat memilih dari berbagai tipe akomodasi yang tersedia, seperti tenda glamor atau villa berkonsep tradisional Sunda.

Akomodasi ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi dalam, dan akses Wi-Fi.

Menikmati Lezatnya Kuliner Khas Sunda dan Internasional

Daya tarik lainnya Dusun Bambu Lembang adalah kehadiran berbagai restoran yang menawarkan sensasi kuliner tak terlupakan.

Wisatawan dapat menikmati makanan tradisional Sunda atau hidangan khas internasional di lingkungan yang nyaman dan artistik.

Beberapa restoran yang dapat dicoba antara lain:

  • Purbasari
  • Lutung Kasarung
  • Lembur Kuring
  • Burangrang Cafe
  • Teh Walini
  • Nusantara Coffee
  • Galeri Flora Indonesia

Restoran Purbasari misalnya, menyajikan berbagai menu makanan khas Sunda yang begitu lezat dan disajikan dengan konsep lesehan yang unik.

Pengunjung dapat menikmati makanan lezat ini sembari menikmati suasana pedesaan yang tenang, lengkap dengan kolam ikan dan pepohonan bambu yang rindang.

Bermain Sambil Belajar di Area Permainan Anak-Anak

Dusun Bambu tak hanya menyasar wisatawan dewasa namun juga menyediakan berbagai wahana yang menarik bagi anak-anak.

Area permainan anak-anak di Dusun Bambu membantu mengasah kreativitas dan imajinasi anak.

Beberapa wahana yang dapat dinikmati oleh anak-anak meliputi kolam dengang ikan bermagnet, kebun binatang mini, rumah pohon, jugraffa, dan kembali ke alam.

Di sini, anak-anak tidak hanya diajak bermain namun juga mengenal lebih dekat berbagai hewan yang ada di kebun binatang mini.

Konsep edukasi ini sejalan dengan misi Dusun Bambu sebagai tempat yang menggabungkan rekreasi dan pengetahuan.

Menikmati Suasana Menyegarkan di Spot Instagramable

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Dusun Bambu tanpa mengabadikan momen indah yang dialami. Dusun Bambu juga dikenal sebagai area yang memiliki berbagai spot menarik yang sangat instagramable.

Beberapa spot yang menjadi favorit wisatawan antara lain, area Hobbiton, Sangkuriang Gazebo, Burangrang Gazebo, dan sejumlah spot yang berdekatan dengan restoran ataupun tempat menginap.

Wisatawan yang datang juga tidak perlu khawatir akan kebersihan dan kenyamanan area. Dusun Bambu sangat mempertimbangkan hal tersebut dan mengelola area wisata Dusun Bambu dengan sangat baik.

Area Jogging

Selain itu, bagi anda yang ingin berolahraga ringan, Dusun Bambu juga menyediakan area jalan sehat yang berkeliling di kawasan wisata.

Menyewa Perahu

Untuk dapat menyewa perahu, pengunjung harus datang ke lokasi penyewaan perahu yang berada di tepi danau.

Setelah itu, Anda harus memilih jenis perahu yang akan disewa dan membayar biaya penyewaan sesuai dengan tarif yang berlaku.

Sebelum menggunakan perahu, pastikan untuk memeriksa kondisi perahu dan mencoba pelampung yang telah disediakan.

Jika semua persiapan telah siap, Anda bisa mulai menaiki perahu dan menikmati pemandangan indah danau dan sekitarnya.

Menyewa Skuter Listrik

Menyewa skuter listrik akan memberikan pengalaman mengendarai yang berbeda dari pada menggunakan kendaraan bermotor biasa.

Postingan Terkait:  Kawah Putih Ciwidey Bandung: Wisata Alam yang Menenangkan

Rasakan sensasi mengemudi tanpa suara mesin yang bising dan tanpa harus menghirup asap knalpot.

Skuter listrik memberikan perjalanan yang tenang, sehingga Anda bisa lebih menikmati keindahan alam dan suasana Dusun Bambu Lembang Bandung.

Jam Buka Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang dibuka untuk umum setiap hari, termasuk akhir pekan dan hari libur nasional. Jam operasionalnya sebagai berikut:

  • Kawasan: 10.00 – 20.00 WIB
  • Area Kreativitas: 10.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang

Tentunya Anda perlu mengetahui berapa harga tiket masuk tempat ini. Berikut harga tiket masuk Dusun Bambu terbaru yang perlu Anda ketahui:

Harga Tiket Masuk Weekday

Jika Anda berkunjung pada hari Senin hingga Jumat (termasuk hari libur), maka harga tiket masuk ke Dusun Bambu adalah Rp. 20.000,- per orang.

Harga Tiket Masuk Weekend

Sementara itu, jika Anda berkunjung pada hari Sabtu hingga Minggu dan hari libur nasional, harga tiket masuk Dusun Bambu adalah Rp. 30.000,- per orang

Harga Tiket Peak Season

Untuk biaya yang perlu dikeluarkan oleh pengunjung saat musim puncak atau ramai yaitu sebesar Rp40.000 – per orang

Selain harga tiket masuk, kegiatan yang ditawarkan oleh Dusun Bambu juga memiliki biaya tambahan.

Alamat dan Akses ke Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu berlokasi di Jl. Kolonel Matsuri KM 11, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Wisata ini terletak di kaki Gunung Burangrang, sehingga udara sejuk dan pemandangan indah menjadi daya tariknya.

Untuk mencapai Dusun Bambu, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti angkutan kota dari pusat kota Bandung.

Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bandung, perjalanan menuju Dusun Bambu Lembang akan memakan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam, tergantung pada lalu lintas.

Lokasinya yang strategis dengan pemandangan alam yang menakjubkan membuat Dusun Bambu menjadi pilihan sempurna untuk menghabiskan waktu liburan.

Rute Menuju Dusun Bambu Lembang Bandung

Banyak pengunjung yang masih merasa kesulitan mencari tahu rute terbaik untuk mencapai lokasi ini.

Untuk itu, kita akan membahas rute menuju Dusun Bambu Lembang, Bandung yang bisa membantu Anda mencapai tujuan dengan mudah.

Langkah Pertama: Dari Bandung ke Lembang

Pertama-tama, pastikan Anda sudah berada di kota Bandung. Jika Anda masih belum berada di Bandung, ada berbagai macam moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai kota ini, seperti kereta api, bus, atau bahkan pesawat jika Anda datang dari luar Jawa.

Jika Anda menggunakan mobil pribadi dari kota Bandung, Anda bisa melewati jalur Setiabudhi – Ledeng – Gegerkalong – Terminal Ledeng – Jalan Kolonel Masturi.

Perjalanan dari pusat kota Bandung ke Lembang biasanya memakan waktu sekitar satu jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Ada banyak penanda jalan yang bisa membantu Anda untuk mencapai Lembang, jadi pastikan untuk selalu memperhatikan tanda-tanda tersebut.

Langkah Kedua: Dari Lembang ke Dusun Bambu

Sejak memasuki kawasan Lembang, Anda akan disuguhi oleh pemandangan hutan pinus dan udara pegunungan yang sejuk.

Untuk mencapai Dusun Bambu dari Lembang, perjalanan Anda akan memakan waktu sekitar 20 menit.

Anda bisa mengikuti rute via Jalan Raya Lembang yang menuju ke utara. Lalu belok ke kanan di Jalan Kolonel Masturi.

Anda akan menemukan petunjuk jalan menuju Dusun Bambu setelah berkendara sekitar 5 kilometer.

Anda bisa memilih untuk naik angkot, ojek, atau bahkan berjalan kaki jika memungkinkan. Transportasi umum atau angkot dari Bandung ke Lembang biasanya beroperasi sampai pukul 06.00 sore, jadi pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan baik.

Tips dan Trik untuk Perjalanan Anda

Perjalanan ke Dusun Bambu Lembang bisa menjadi petualangan yang memukau jika Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Coba untuk menghindari perjalanan saat akhir pekan jika memungkinkan, karena lalu lintas menuju Lembang biasanya lebih padat saat hari libur.

Ketika merasa kesulitan saat menuju lokasi, Anda pun dapat bertanya kepadaa penduduk di sepanjang perjalanan. Tentunya dengan bahasa yang sopan.

Bawa perlengkapan seperti jaket dan payung. Cuaca di Lembang bisa berubah secara mendadak, terutama pada sore hari.

Dusun Bambu Lembang, Bandung adalah tempat yang harus dikunjungi ketika Anda berada di kota ini. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan yang membantu Anda dalam merencanakan petualangan Anda selanjutnya.

Galeri Foto Dusun Bambu Lembang Bandung

Video Dusun Bambu Lembang Bandung

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa tiket masuk dusun bambu?

Weekday: Rp. 20.000,- per orang
Weekend: Rp. 30.000,- per orang
Peak season: Rp. 40.000,- per orang

Dusun Bambu Lembang Punya Siapa?

Tempat wisata ini dimiliki oleh Ronny Lukito

Dusun bambu sejak tahun berapa?

Tahun 2014

Kesimpulan

Menyajikan pengalaman wisata yang tak terlupakan, Dusun Bambu Lembang Bandung menjadi destinasi yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Kota Kembang.

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan keindahan alam yang menenangkan dan memanjakan indera dengan berbagai fasilitas menarik yang ada di Dusun Bambu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *