Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung: Wisata Alam yang Menenangkan

Diposting pada

Tertarik mengunjungi Kawah Putih Ciwidey Bandung? Berikut adalah ulasan sejarah, fasilitas, daya tarik, jam buka, harga tiket masuk (htm), alamat, rute serta tips yang perlu Anda ketahui agar liburan lebih tertata dengan rapih.

Bandung, kota di Jawa Barat, Indonesia, dikenal dengan daya tarik wisatanya yang luar biasa. Dari pusat kota yang ramai hingga pedesaan yang tenang, kota parahyangan ini menawarkan berbagai pilihan untuk para pelancong.

Salah satu destinasi terpopuler di Bandung adalah Kawah Putih Ciwidey. Kawah Putih adalah sebuah danau kawah yang terletak di Gunung Patuha, di daerah Ciwidey.

Kawah ini jadi daya tarik wisatawan sebab memiliki pemandangan yang sangat indah dan unik.

Terletak di peringkat paling atas sebagai objek wisata di Bandung, Kawah Putih di Ciwidey memberikan pengunjung berbagai seduhan pesona alam yang menenangkan dan menyegarkan.

Datang dan temukan keindahan eksotis Kawah Putih yang memesona di Bandung, Indonesia, di dalam artikel informatif ini.

Sejarah Kawah Putih Ciwidey Bandung

Tidak hanya menarik untuk diketahui, tapi juga mengajarkan kita tentang bagaimana keajaiban alam dan pesona wisata di Jawa Barat ini bisa menjadi teladan akan keberlanjutan lingkungannya.*

Kawah Putih Ciwidey Bandung merupakan salah satu objek wisata alam terpopuler di Jawa Barat, yang menawarkan keindahan panorama alam yang mempesona.

Di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan kawah vulkanik dengan air danau berwaran putih kehijauan, serta mengeluarkan bau belerang yang khas.

Asal Mula Nama Kawah Putih Ciwidey

Sebelum berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey Bandung, ada baiknya kita mengetahui asal mula dari nama obyek wisata ini. Kawah Putih Ciwidey, seperti namanya, mengambil nama dari warna kawah yang berwarna putih.

Ini disebabkan oleh kandungan belerang yang tinggi, sehingga air kawah memiliki warna putih kehijauan. Sedangkan Ciwidey merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menurut cerita rakyat setempat, terdapat sebuah legenda mengenai asal mula Kawah Putih yang unik. Legenda tersebut menceritakan tentang seorang wanita yang dikutuk menjadi patung dan diletakkan di tepi kawah.

Hal ini terjadi karena wanita tersebut melanggar sumpah yang mengadang hubungan cintanya dengan kekasih hati.

Kini, batu putih yang berada di salah satu sisi kawah diyakini sebagai penjelmaan dari wanita tersebut oleh masyarakat setempat.

Fenomena Alam Danau Kawah Putih Ciwidey

Sebagai salah satu fenomena alam yang cukup fenomenal, Kawah Putih Ciwidey terbentuk karena aktivitas vulkanik yang ada di wilayah tersebut.

Kawah ini awalnya merupakan bagian dari Gunung Patuha, gunung berapi tertua di Bandung Selatan, yang diperkirakan terbentuk pada abad ke-10.

Gunung Patuha dikenal memiliki dua kawah, yaitu Kawah Saat dan Kawah Putih. Namun, Kawah Saat – yang dulu merupakan danau berwarna merah – saat ini telah menghilang dan ingar-bingar wisata hanya tersisa di Kawah Putih.

Aktivitas vulkanik yang ada di kawasan ini menyebabkan bau belerang yang cukup kuat di sekitar kawah, sehingga pengunjung dianjurkan untuk menggunakan masker saat berada di area tersebut.

Postingan Terkait:  Kebun Begonia Lembang: Surga Floris yang Tersembunyi di Jawa Barat

Dalam sejarahnya, Kawah Putih Ciwidey pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti asal Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pada tahun 1837.

Dr. Franz kemudian melaporkan temuannya kepada pihak kolonial Belanda, yang kemudian menganggap kawasan ini memiliki potensi ekonomis, terutama dalam penambangan belerang.

Namun, aktivitas penambangan sempat terhenti beberapa kali karena berbagai faktor seperti perang kemerdekaan dan perekonomian.

Kawah Putih Ciwidey Sebagai Destinasi Wisata

Seiring berjalannya waktu, Kawah Putih Ciwidey mulai dikenal luas oleh masyarakat, baik lokal maupun internasional, sebagai sebuah destinasi wisata yang mengagumkan.

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, Kawah Putih juga merupakan simbol budaya dan tradisi masyarakat setempat, yang masih kuat terikat erat dengan mitos dan legenda.

Pemandangan alam yang indah dan unik di Kawah Putih Ciwidey menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan.

Tak heran jika kawasan ini selalu ramai dengan pengunjung, baik pada akhir pekan maupun hari biasa, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Di sini, Anda bisa menikmati panorama alam yang menakjubkan, berfoto dengan latar belakang kawah yang eksotik, atau sekadar berjalan santai sambil menikmati udara segar dan sejuk khas pegunungan.

Fasilitas Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey bukan hanya menawarkan panorama alam yang luar biasa, tapi juga beragam fasilitas yang lengkap dan menjadikannya sebagai tujuan wisata yang nyaman bagi semua kalangan.

Dari lahan parkir yang luas, area makan, hingga fasilitas penunjang lainnya, semua kerap menjadi pertimbangan bagi wisatawan saat memilih destinasi wisata.

Lahan Parkir yang Luas dan Tersusun dengan Baik

Tidak ada yang lebih mengecewakan bagi seorang wisatawan daripada sulit menemukan tempat parkir di sebuah tempat wisata. Nah, di Kawah Putih Ciwidey, anda tidak perlu khawatir tentang hal ini.

Lahan parkir yang luas dan tersusun dengan baik menjadi salah satu keunggulan fasilitas di Kawah Putih.

Tak hanya itu, keamanan di area parkir juga ditingkatkan demi kenyamanan dan ketenangan para pengunjung, sehingga mereka bisa menikmati kunjungan mereka tanpa rasa khawatir.

Selain itu, para pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu merasa khawatir.

Terdapat fasilitas transportasi umum terorganisir yang sangat membantu para pengunjung untuk berkeliling Kawah Putih, bahkan menuju lokasi-lokasi wisata lainnya di Bandung.

Tempat Makan dan Warung-warung Lokal

Menikmati pesona alam Kawah Putih sambil ditemani bakso hangat atau makanan khas Bandung lainnya adalah pengalaman yang tidak ternilai.

Kawah Putih Ciwidey menawarkan berbagai tempat makan dan warung lokal yang menyajikan aneka menu makanan, dari makanan daerah hingga makanan internasional.

Anda juga bisa menemukan berbagai minuman yang men-refresh, seperti jus alami atau teh hangat, yang bisa membantu anda meredakan dinginnya udara Kawah Putih.

Selain menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman, warung-warung lokal ini juga menawarkan suasana yang hangat dan ramah. Anda bisa merasakan ketenangan saat makan sambil menikmati indahnya pemandangan di Kawah Putih.

Fasilitas Penunjang Lainnya

Tentu saja, Kawah Putih juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya yang bertujuan untuk memaksimalkan kenyamanan para pengunjung.

Beberapa dari fasilitas tersebut antara lain toilet yang bersih, area bermain anak, dan bahkan agen-agen wisata yang siap membantu mengatur perjalanan anda di Bandung.

Fasilitas-fasilitas tersebut dirancang dengan baik dan dipertahankan kebersihannya, sehingga pengunjung dapat menikmati waktu mereka tanpa hambatan.

Dengan beragam fasilitas yang ditawarkan, Kawah Putih Ciwidey Bandung sungguh menjadi destinasi wisata yang ramah untuk semua jenis wisatawan.

Daya Tarik dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kawah Putih Ciwidey

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang tertarik untuk mengunjungi Kawah Putih adalah karena keindahan alamnya.

Kawah putih memberikan pemandangan yang spektakuler, dengan air kawah berwarna kebiru-biruan dan putih pekat, tergantung pada kadar belerang yang ada.

Surrounding the lake, Anda akan menemui hutan pinus dan pepohonan hijau yang menghiasi landskap.

Jika Anda beruntung, Anda juga mungkin dapat melihat awan tebal mengalir di atas kawah, menciptakan pemandangan yang mirip dengan surga.

Kawah ini menjadi lebih menawan lagi ketika cuaca cerah, air danau menunjukkan warna putih kebiruan, sangat indah dan menawan.

Kawah Putih menyuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata, membuat siapa saja yang datang ke sana merasa seperti berada di dunia lain.

Postingan Terkait:  Lereng Anteng Panoramic Coffee: Tempat Wisata Kuliner di Perbukitan

Berendam di Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Kawah Putih Ciwidey adalah satu dari sedikit lokasi di dunia yang memiliki pemandian air panas alami dari aktivitas vulkanik.

Bahkan, kawah ini adalah satu-satunya kawah di dunia yang airnya berubah warna tergantung cuaca dan suhu.

Namun keunikan dari Pemandian Air Panas hanya terletak pada gejala alami ini saja. Kawasan wisata ini juga memiliki potensi kesehatan dengan kehadiran pemandian air panas dalam lingkungannya.

Orang yang pertama kali berkunjung ke Pemandian Air Panas Kawah Putih Ciwidey mungkin akan terpesona oleh fenomena alam yang luar biasa.

Putih kapur yang membentuk dasar danau ini memberikan tampakan seperti salju dalam berbagai warna: putih, biru muda, hingga hijau tosca tergantung intensitas sinar matahari yang memantul dari permukaannya.

Dikelilingi oleh tebing gunung yang hijau dengan tumbuhan alam, membuat suasana danau ini sangat mendamaikan dan indah.

Tidak hanya menikmati pesona Kawah Putih, orang juga dapat merasakan manfaat kesehatan dari airnya. Pemandian Air Panas Kawah Putih Ciwidey ternama karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama belerang.

Menurut para ahli, air panas dengan kandungan belerang dapat membantu dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti masalah kulit, asma, dan rematik.

Menikmati pemandian air panas di kawah ini adalah cara sempurna untuk menghabiskan hari setelah jalan-jalan di sekitar Bandung.

Tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga dapat membantu meredakan stres dan mengurangi kecemasan dengan menikmati keindahan panorama alamnya.

Menikmati Kuliner Khas Daerah

Menikmati keindahan Tempat wisata di Ciwidey ini bukan saja melalui visualnya, tetapi juga melalui deretan makanan khas Sunda yang lezat dan menggugah selera.

Terdapat berbagai jenis kuliner khas baik itu makanan ringat mapun berat. Selain itu minuman Wedang bandrek, Bajigur dan lain-lain juga tersedia.

Berofot di Spot Foto yang Instagramable

Berbicara tentang spot foto, Kawah Putih Ciwidey memiliki banyak spot foto yang bisa Anda eksplor. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Tepi Danau

Salah satu spot foto paling populer dan sering menjadi pilihan para pengunjung adalah tepi danau.

Berfoto dengan latar belakang air danau yang berwarna putih kebiruan, ditambah dengan kabut yang mungkin tercipta dari hawa dingin akan membuat foto Anda tampak dramatis dan mistis.

Perahu Kayu

Selain itu, ada juga spot foto dengan latar belakang perahu kayu yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga menambah kesan aestetik pada foto Anda.

Perahu kayu ini disiapkan oleh pengelola kawasan dan bisa digunakan oleh wisatawan untuk berfoto.

Pintu Gerbang Kawah Putih

Pintu Gerbang Kawah Putih juga menjadi spot foto yang menarik. Gerbang ini memiliki desain yang unik dan pastinya akan menambah kesan menarik pada hasil jepretan Anda. Ini adalah spot foto pertama yang akan Anda lihat setelah memasuki area wisata.

Menginap di Penginapan Dekat Lokasi Wisata

Menginap di Kawah Putih Ciwidey tak hanya menyajikan pemandangan penyejuk mata, tapi juga menawarkan berbagai jenis penginapan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Beberapa di antaranya yaitu homestay yang nyaman dengan fasilitas lengkap, hotel mewah dengan pelayanan bintang lima, serta villa dan bungalow yang menawarkan privasi dan suasana yang tenang.

Memilih menginap di dekat Kawah Putih Ciwidey tentu akan memberikan keuntungan tersendiri.

Seiring dengan terbitnya matahari, Anda bisa langsung menikmati sejuknya udara pagi dan keindahan kawah putih yang memukau tanpa harus berjibaku dengan kerumunan pengunjung.

Bermain di Wahana Bermain

Selain beberapa daya tarik dan aktivitas yang telah disebutkan diatas, Masih ada lagi yang menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan mengunjungi tempat ini.

Disini terdapat wahana bermain yang lengkap mulai kuda tunggang, panahan, taman bermain mini, Wahana view dock dan lain-lain. Dijamin Waktu yang Anda habiskan di tempat wisata ini tidak akan terbuang sia-sia.

Jam Buka Kawah Putih Ciwidey Bandung

Berpetualang ke alam bebas memang selalu menjadi pilihan yang menyenangkan. Namun, informasi mengenai jam operasional merupakan hal yang pertama harus kita ketahui.

Kawah Putih dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tidak ada hari libur, jadi Anda bisa merencanakan kunjungan Anda kapan saja, asalkan cuaca mendukung.

Postingan Terkait:  Curug Malela: Wisata Air Terjun di Bandung Barat yang Mendunia

Selain itu, perlu diingat bahwa waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Putih adalah di pagi hari. Mengapa? Karena kabut tebal biasanya mulai turun di sore hari, dan kemungkinan bisa mengurangi pandangan Anda terhadap kawah.

Jadi pastikan Anda tiba di sana sebelum jam 10 pagi untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung

Meskipun menyajikan pemandangan alam yang benar-benar indah, harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey masih tetap terjangkau.

Perlu dicatat bahwa harga ini dapat berubah sesuai dengan ketentuan pemerintah setempat, tetapi sampai saat ini berikut adalah biaya yang perlu dipersiapkan wisatawan saat menghabiskan waktu mereka di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Kawah Putih CIwidey Bandung

Jenis TiketBiaya
Wisawan lokalRp. 28.000
Wisatawan mancanegaraRp. 81.000
Jembatan ApungRp. 15.000
Kuda TunggangRp. 50.000
Wahana ArcheryRp. 20.000
Taman Bermain MiniRp. 20.000
View Deck Sunan IbuRp. 11.000
Tiket Masuk TerusanRp. 69.000
*Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Harga Tiket Parkir

Jenis TiketBiaya
Parkir Bawah Roda 2Rp. 8.000
Parkir Bawah Roda 4Rp. 15.000
Parkir Bawah Roda 6+Rp. 35.000
Parkir di Pusat KawahRp. 162.000
Jasa Ontang-AntingRp. 29.000
*Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Alamat Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih berlokasi di Jalan Raya Soreang – Ciwidey, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat.

Letaknya kurang lebih 50 kilometer ke arah selatan pusat kota Bandung, atau sekitar 2 jam berkendara.

Lingkungan sekitarnya cukup tenang, jauh dari hiruk pikuk kota, membuat Kawah Putih menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Rute Menuju Kawah Putih Ciwidey

Untuk menuju ke Kawah Putih, ada beberapa rute yang bisa diambil. Jika Anda berangkat dari pusat kota Bandung, Anda bisa mengambil Jalan Raya Soreang-Ciwidey.

Rute ini cukup dekat dan langsung sampai ke lokasi Kawah Putih. Anda akan melewati beberapa landmark Bandung seperti Pasar Kordon dan Terminal Leuwi Panjang, serta melewati kebun teh dan hutan yang indah.

Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2-3 jam, tergantung pada lalu lintas.

Jika Anda berangkat dengan menggunakan kereta api, Anda bisa turun di Stasiun Bandung dan melanjutkan perjalanan menggunakan taksi atau ojek online (Gojek atau Grab) menuju Kawah Putih.

Anda juga bisa menggunakan bus dari Terminal Leuwi Panjang menuju ke Terminal Ciwidey, lalu naik angkutan umum atau ojek menuju ke Kawah Putih.

Selalu ingat untuk selalu merencanakan dan mempersiapkan perjalanan dengan baik guna menghindari kesulitan.

4 Tips Berwisata ke Kawah Putih Ciwidey Bandung

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebelum meutuskan mengujungi destinasi wisata di Bandung yang lagi viral ini:

1. Pilihan Transportasi ke Kawah Putih

Untuk memulai petualangan ke Kawah Putih Ciwidey, penting untuk memilih moda transportasi yang tepat. Anda bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum, atau menyewa sepeda motor atau mobil.

Jika menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa, rute yang akan dilewati adalah Jalan Raya Soreang Ciwidey, kemudian keluar di Patok Ranca Bali dan terus mengarungi jalan hingga mencapai Kawah Putih.

Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus atau angkutan kota (angkot) dari Terminal Leuwi Panjang, kemudian berganti angkot di Soreang menuju Ciwidey.

Setelah tiba di Ciwidey, Anda bisa naik ojek atau angkutan desa untuk menuju lokasi Kawah Putih.

2. Pilih Waktu Berkunjung yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk mengunjungi Kawah Putih sangat penting, karena mempengaruhi kenyamanan liburan Anda. Cuaca di kawasan ini terkenal dingin dan berkabut, terutama saat sore hari dan akhir pekan.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkunjung ke Kawah Putih pada pagi atau siang hari saat cuaca lebih cerah dan menjelang sore menjauhi kawasan tersebut agar kabut tidak menghampiri.

Selain itu, hindari waktu liburan sekolah atau hari libur nasional, karena jumlah pengunjung yang membludak bisa mengurangi kenyamanan Anda. Berkunjung pada hari biasa atau di luar musim liburan adalah waktu yang lebih baik untuk menikmati kawah ini.

3. Persiapan yang Perlu Dilakukan

Ketika mengunjungi Kawah Putih, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Beberapa di antaranya adalah:

Pakaian: Pastikan untuk memakai pakaian yang tebal dan hangat, seperti jaket tebal, syal, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman. Cuaca di kawasan ini sangat dingin dan bisa mencapai 10-15 derajat Celsius.

Perlindungan diri: Mengingat bahwa Kawah Putih adalah sumber belerang, sangat disarankan untuk membawa masker atau penutup hidung dan mulut.

Hal ini berguna untuk melindungi diri dari asap belerang yang menyengat dan berbahaya bagi kesehatan jika terhirup berlebihan.

Makanan dan minuman: Anda juga diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar, namun pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan kawasan tersebut.

4. Memilih Tempat Menginap dan Kuliner

Jika Anda berencana untuk menginap di kawasan Ciwidey, ada beberapa pilihan penginapan yang bisa Anda coba, mulai dari hotel, vila, hingga homestay dengan tarif yang bervariasi.

Beberapa tempat menginap tersebut juga menyediakan fasilitas lain seperti pemandian air panas atau kolam renang.

Untuk kuliner, ada banyak pilihan restoran dan warung yang bisa Anda cicipi di sekitar Ciwidey.

Galeri Foto Kawah Putih Ciwidey Bandung

Video Kawah Putih Ciwidey Bandung

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa harga tiket masuk Kawah Putih?

Wisatawan lokal: Rp. 28.000
Wisatawan Mancanegara: Rp. 81.000

Kawah Putih Ciwidey buka sampai jam berapa?

Kawah Putih dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Di mana letak Kawah Putih?

Kawah Putih terletak di Jalan Raya Soreang – Ciwidey, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *