Stone Garden Citatah, Spot Wisata Geopark di Bandung

Stone Garden Citatah, Spot Wisata Geopark di Bandung

Diposting pada

Penggemar wisata alam dan geologi mungkin sudah tidak asing lagi dengan Stone Garden Citatah. Spot wisata unik yang menjadi bagian dari taman Geopark Ciletuh-Palabuhanratu di Bandung, Jawa Barat ini, menawarkan suasana khas pegunungan dengan paduan cadas dan vegetasi alami yang indah.

Tidak hanya sekedar menikmati pemandangan, berwisata ke tempat ini bisa menjadi pengalaman edukasi geologi yang menarik.

Sejarah

Sebagai salah satu bagian dari Geopark, Stone Garden Citatah memiliki riwayat geologis yang menarik. Masyarakat sekitar Citatah dan Bandung mencirikan kawasan ini sebagai ‘taman batu’ dikarenakan adanya berbagai formasi batu kapur yang unik (disebut juga gamping), yang telah berumur jutaan tahun. Karakteristik ciri khas ini juga menjadi sebab asal-muasal nama Stone Garden.

Diperkirakan, destinasi wisata alam ini terbentuk dari dasar lautan yang mengalami fenomena pengangkatan sekitar 20-30 juta tahun yang lalu.

Formasi batu-batu kali ini waktu cukup untuk menghancurkan fosil yang tertanam, meninggalkan panorama alam yang luar biasa dan menjadi objek penelitian geologi yang berharga.

4 Daya Tarik Stone Garden Citatah

Ada empat daya tarik utama yang dapat dinikmati wisatawan di lokasi ini. Keempatnya memiliki keunikan tersendiri dan menawarkan pengalaman wisata yang berbeda-beda.

1. Gamping

Stone Garden Citatah, Spot Wisata Geopark di Bandung

Untuk mencapai lokasi, Pengunjung harus berjalan kaki melewati jalur yang dipenuhi batu gamping. Dinding kapur ini menjadi ciri khas utama lokasi, membuat suasana mirip dengan padang pasir.

Gamping di Stone Garden Citatah bukan hanya panorama alam, tetapi juga menawarkan pelajaran geologi.

Postingan Terkait:  Kebun Begonia Lembang: Surga Floris yang Tersembunyi di Jawa Barat

Dalam formasi ini, kita bisa menemukan fosil-fosil laut, termasuk kerang-kerangan dan siput, yang telah membatu.

2. Jembatan Gantung

Daya tarik lain di Stone Garden Citatah adalah Jembatan Gantung. Tidak hanya memberi tantangan bagi para wisatawan yang mengunjunginya, jembatan ini juga menawarkan pemandangan dari ketinggian yang membuat decak kagum.

3. Goa Pawon

Stone Garden Citatah, Spot Wisata Geopark di Bandung

Sesuai namanya, Goa Pawon terkenal karena terdapat jejak manusia prasejarah. Salah satu peninggalan berharga adalah lukisan dinding gua yang diperkirakan berusia lebih dari 9.500 tahun SM. Lukisan itu diperkirakan sebagai hasil karya masyarakat berburu dan meramu zaman prasejarah.

4. Indiana Camp

Stone Garden Citatah, Spot Wisata Geopark di Bandung

Daya tarik lainnya adalah Indiana Camp, kawasan kemping yang menarik bagi Wisatawan yang gemar berkegiatan outdoor.

Tidak hanya tempat menginap, Indiana Camp juga dilengkapi berbagai fasilitas hiburan seperti jaring laba-laba, slackline, serta fasilitas outbound lainnya.

Fasilitas

Untuk memenuhi kebutuhan dasar pengunjung, di lokasi telah tersedia fasilitas umum seperti toilet yang bersih, kios penjualan suvenir, serta area parkir yang memadai bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Tempat makan juga mulai bermunculan disekitar area wisata, memungkinkan pengunjung untuk menikmati aneka kuliner setelah puas berkeliling.

Jam Bukan dan Harga Tiket Masuk

Stone Garden Citatah, Spot Wisata Geopark di Bandung

Setelah mengetahui fasilitas yang tersedia, tentunya informasi terkait jam opersional serta harga tiket masuk menjadi salah satu perhatian utama bagi calon pengunjung.

Salah satu destinasi wisata di Jawa Barat ini buka setiap hari dan bisa dikunjungi mulai pukul 08:00 WIB. Sementara waktu tutupnya yaitu jam 17:00 WIB.

Untuk harga tiket masuk Stone Garden Citatah relatif terjangkau dan sesuai dengan pengalaman yang ditawarkan.

Perlu diingat bahwa harga tiket mungkin berubah tergantung pada kebijakan pengelola dan waktu kunjungan.

Postingan Terkait:  Tebing Keraton Bandung: Melihat Indahnya Panorama Alam di Kota Kembang

Untuk memasuki kawasan wisata, pengunjung asal Indonesia biasanya akan dikenakan tarif sekitar IDR 12.000,- per orang.

Sementara itu, bagi Pengunjung mancanegara biaya adalah IDR 25.000,- per orang. Selain itu Pengunjung pun akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp7.000 untuk mobil.

Untuk kemudahan pengunjung, di pintu masuk biasanya tersedia papan informasi yang menyediakan data terbaru mengenai tarif masuk.

Lokasi dan Rute Menuju Stone Garden Citatah

Bagi yang berencana mandatangi tempat ini, mari simak informasi lokasinya berikut ini!.

Stone Garden Citatah berada di kawasan Gunung Masigit, Citatah, Cipatat, di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Cara untuk mencapai tempat ini relatif sederhana, yakni melalui pintu tol Pasteur yang berjarak kira-kira 21 km dengan perjalanan sekitar 38 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Setelah melewati pintu tol Pasteur, Wisatawan bisa langsung belok ke kanan arah PT. Bukit Ashar, kemudian terus lurus hingga memasuki pintu gerbang utama Stone Garden Citatah.

Akhir Kata

Menambah daftar destinasi wisata geologi di Indonesia yang layak dikunjungi, Stone Garden Citatah memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa saja yang berkesempatan hadir di sini.

Kekayaan alam dan sejarah, ditambah dengan berbagai aktivitas wisata yang menantang, menjadikan nyamenjadi tempat yang wajib ada di dalam daftar liburan.

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *